sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

artis

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » Manusia Pertama di Luar Angkasa Meninggal Dunia di Usia 80 Tahun


Mancanegara - Pasti kamu sudah pernah melihat gambar seorang astronaut dengan pakaian luar angkasa dan sebuah alat bermanuver khusus, sedang melayang bebas tanpa tali di atas birunya planet Bumi.

Tahukah kamu bahwa sang astronaut itu bernama Bruce McCandless II dan merupakan manusia pertama yang terbang tanpa tali pengaman apapun di luar angkasa sana.

Ada kabar sedih tentang dia. Pria yang fotonya sering kita lihat di berbagai buku luar angkasa itu baru saja meninggal dunia hari ini.

Dilansir NBC News, sang mantan astronaut Bruce McCandless II dari NASA itu meninggal dunia pada usia 80 tahun. Kematiannya diumumkan oleh Johnson Space Center NASA pada Jumat (22/12). NASA tidak mengumumkan penyebab meninggalnya McCandless. Dirinya meninggalkan seorang istri, dua anak dan dua cucu.


Foto ikoniknya yang diambil pada tahun 1984 itu cukup terkenal dan sering digunakan di banyak buku pelajaran maupun luar angkasa. Foto itu diambil saat McCandless sedang melakukan misi STS-41-B dengan roket Challenger.

Pada foto itu, McCandless mengenakan alat khusus dari NASA yang disebut Manned Maneuvering Unit (MMU) yang biasa digunakan astronaut untuk bergerak bebas di luar angkasa.

Sementara misi STS-41-B sendiri adalah misi untuk menerbangkan dua satelit komunikasi dan juga melakukan tes pada sensor penerbangan beserta program komputernya.

"Saya tak sabar untuk keluar sana dan terbang. Saya merasa sangat siap. Saat itu terasa sangat dingin sampai gigiku bergemeletuk dan tubuhku menggigil, tetapi itu cuma hal kecil," kata McCandless mengenai misinya yang menghasilkan foto ikonik itu kepada Daily Camera tahun 2006 lalu.

Tak hanya foto ikonik tersebut, McCandless juga turut membantu pengembangan jetpack pada pakaian luar angkasa NASA dan juga menjadi bagian dari kru yang memasang Teleskop Luar Angkasa Hubble di orbit Bumi pada tahun 1990.


Kepergiannya ditangisi banyak orang, termasuk kawan sekolahnya, Senator AS dari Partai Republik, John McCain. McCandless dan McCain sama-sama menjalani pendidikan di United States Naval Academy pada tahun 1958.

McCain juga mengungkapkan kekagumannya pada kepandaian dan karakter dari McCandless yang menunjukkan jati diri sejati dari Angkatan Laut Amerika Serikat.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply