sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

mancanegara

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » Jakarta Diprediksi Siaga Banjir sampai 16 Februari 2018, Ini Kata Anies


Banjir Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, puncak kiriman air dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat sudah lewat. Meski demikian, Pemprov DKI tetap siaga bencana banjir Jakarta. Sebab, menurut prediksi BMKG, puncak musim penghujan di Jakarta berlangsung sampai 16 Februari mendatang.

"Proyeksi BMKG ini diproyeksikan cuaca seperti ini bisa sampai 16 Februari, jadi posisi kita harus bersiaga sampai 16 Februari. Mungkin lebih dari itu, mungkin bisa lebih awal," kata Anies di Balai Kota Jakarta, Selasa (6/2/2018).

Selain itu, dia menyebut banjir Jakarta yang terjadi semalam berbeda dengan banjir yang terjadi November tahun lalu. Semalam, banjir terjadi karena air kiriman di hulu, sedangkan November lalu karena curah hujan sangat tinggi di Jakarta.

"Dua hal yang berbeda, November kemarin itu karena curah hujan yang amat tinggi di Jakarta. Yang terjadi kemarin ini curah hujan yang amat tinggi di hulu kemudian memiliki dampak pada kita di Jakarta," ujar Anies.

Akibatnya, sejumlah wilayah Jakarta kembali dilanda banjir. Dari beberapa wilayah yang terendam, seperti Pejaten Timur dan Kampung Pulo yang dua tahun belakangan tidak banjir, semalam kembali terendam.

Anies mengatakan, hal pertama yang dilakukan Pemprov DKI adalah memastikan pengungsi banjir Jakarta aman dahulu.

"Pertama saat ini kita monitor terus, memastikan semua pengungsi semua daerah terdampak itu dapat bantuan yang cukup," jelas Anies.

Usai masa krisis lewat, selanjutnya Pemprov DKI Jakarta akan melakukan evaluasi di daerah yang sebelumnya tidak banjir tetapi kini kembali banjir.

"Sesudah itu kita evaluasi satu-satu apa yang terjadi, lalu kita buatkan langkah-langkah ke depan buat mencegah kejadian seperti ini lagi," ucap Anies.

Namun, dia belum membeberkan langkah apa yang akan diambil Pemprov DKI untuk mencegah banjir kembali terjadi. Ia tak mau membahas soal penggeseran rumah di pinggir kali atau normalisasi.

"Nanti sebentar, sekarang lagi ada yang ngungsi. Jangan bicara geser-geser (rumah) dulu," tandas Anies.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply