sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

mancanegara

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » » » » 7019 Bungkus Nasi Kebuli (Kabuli) Hadiahi Kota Banjarbaru Rekor MURI


Berita Panas - Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berhasil mencetak rekor dengan membuat nasi kabuli (kebuli) terbanyak versi Museum Rekor Indonesia (MURI), Minggu, 21/4. Dalam kesempatan itu berhasil dibuat 7.019 bungkus Nasi Kebuli, kuliner khas kota tersebut.

Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani  menyatakan kegembiraannya karena Kota Banjarbaru berhasil meraih rekor MURI. "Ini semua menunjukan Banjarbaru memiliki kekhasan di bidang kuliner, yakni Nasi Kabuli," ujar dia di Banjarbaru, Minggu, 2 2/4.

Pemecahan rekor MURI di Lapangan Murjani Banjarbaru itu merupakan bagian dari kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Banjarbaru ke-19. HUT kota Banjarbaru jatuh pada 20 April.


Wali kota memang sejak awal menjabat sudah menginginkan kotanya memiliki kekhasan di bidang kuliner. "Kami ingin orang yang datang ke Kalsel lalu mencari makanan khasnya, yakni Nasi Kabuli. Dan di Kota Banjarbaru mereka bisa menikmatinya.”

Nasi Kebuli itu terdiri dari nasi putih gurih dimasak pakai air santan. Masakan itu kemudian dibungkus daun pisang sehingga aromanya harum.

Nasi itu dilengkapi lauk pauk berupa irisan telur dadar. Bisa juga ditambah lauk lain seperti telur rebus dan ayam goreng.


Perwakilan MURI Yusuf Nadri menilai Banjarbaru layak menjadi kota berinovasi, dan salah satunya melalui inovasi Nasi Kebuli yang dijadikan makanan khas. "Pemecahan rekor Nasi Kabuli yang terbanyak merupakan suatu inovasi dan kami mengapresiasi," kata dia.

Nasi Kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang bercitarasa gurih yang ditemukan di Indonesia. Nasi ini dimasak bersama kaldu daging kambing, susu kambing, dan minyak samin, disajikan dengan daging kambing goreng dan kadang ditaburi dengan irisan kurma atau kismis.

Hidangan ini populer di kalangan warga Betawi di Jakarta dan warga keturunan Arab di Indonesia.[1] Nasi Kebuli menunjukan pengaruh budaya Arab Timur Tengah dan India Muslim, tepatnya tradisi Arab Yaman. Nasi ini mirip dengan nasi Biryani.

Dalam kebudayaan Betawi, Nasi Kebuli biasanya disajikan dalam perayaan keagamaan Islam, seperti lebaran, kurban, atau maulid. Nasi Kebuli juga populer di kawasan kota yang banyak terdapat warga keturunan Arab, seperti Surabaya dan Gresik.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply