sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

mancanegara

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » » » » » Heboh Es Kepal Milo di Indonesia, Ini Awal Mulanya


Berita Panas Viral - Es Kepal Milo sedang viral di jagat kuliner Nusantara. Jajanan ini semula berasal dari Malaysia dan dipopulerkan pertama kali di Yogyakarta awal tahun 2018. Es kepal Milo pun langsung punya banyak penggemar.

Di Malaysia, es ini bernama Ais Kepal Milo. Malaysia yang dikenal dengan minuman Milonya memiliki varian minuman yang berbahan Milo. Pada akhir tahun 2017, muncul penyajian baru, yakni es kepal.

Gerai Es Kepal Milo Tok Abah di Kuala Kangsar, yang mempopulerkannya. Warung ini milik pasangan suami istri Saed Lamin dan Shariah Hashim. Mereka sudah menjual minuman ringan selama tiga tahun.

Baru satu bulan, kedai ini pun banyak dikunjungi pembeli. Antrean bisa sampai panjang meski pada hari Senin. Beberapa media juga menayangkan tentang es ini.

Dari video yang disiarkan di Youtube, warga Yogyakarta tertarik untuk mengadopsinya. Adalah pasangan pengusaha muda Danang Arryo Dempo Wiguno dan Rara yang memulainya. Mereka tercatat menjadi salah satu pioner munculnya minuman ini di Indonesia.

Mereka mengenalkan jajanan es kepal melalui kedai sederhananya, Ais Kepal Jogja, di Jalan Surami, Mantrijeron, Yogyakarta.

"Kami pertama kali membuka Ais Kepal Jogja pada 20 Maret. Saat itu belum ada yang jual es serupa," kata Danang saat ditemui di warungnya, Yogyakarta, Selasa, 24 Maret 2018.

Danang menebeng lapak warung mi ayam milik mertuanya di halaman rumah. Mula-mula es kepal dijual, pelanggannya hanya anak-anak di sekitar kompleks perumahan. Per hari pun ia cuma mampu menjual rata-rata 10 gelas.

Setelah dipopulerkan oleh seorang food blogger di Yogyakarta, lapak Es Kepal Milo Danang dan Rara langsung viral.

Inilah catatan pertama munculnya Es Kepal Milo di Yogyakarta, yang lantas diikuti kota-kota lainnya, seperti Jakarta. Di Jakarta, es kepal serupa mulai viral pada awal April.


Di Jakarta, mulai ditemui warung-warung penjajanya. Hingga kini, ada sejumlah warung es kepal yang dibuka. Berikut ini tiga di antaranya, yang dihimpun Tempo dari media sosial Instagram.

1. Es Kepal Lika

Kedai es yang baru buka awal April lalu tersebut berlokasi di Jalan Walang Baru, Koja, Jakarta Utara. Ini adalah es kepal pertama di Jakarta Utara. Tak heran, sejak buka mulai siang pukul 13.00, warung Es Kepal Lika sudah ramai diburu pengunjung, khususnya warga Jakarta Utara.

Seperti es kepal lainnya, es royal akan tuangan cokelat dan bubuk susu Milonya. Sedangkan topping di atasnya ditaburi meses warna-warni dan keju serut. Es kepal Lika bisa dipesan melalui aplikasi ojek daring dengan harga mulai Rp 9 ribu.

2. Es Kepal Viral Tebet

Es kepal Milo di Jalan Rasamala, Tebet, Jakarta Selatan, ini belakangan membuat warga Jakarta heboh. Pasalnya, sejak dibuka pukul 11.00 hingga tutup pukul 21.00, warung Es Kepal Viral tak pernah sepi pengunjung. Keriuhannya bahkan sampai menyita perhatian orang-orang yang melintas.

Es Kepal Viral memang beberapa kali dikunjungi food blogger. Mereka mengunggah es yang kekinian itu di media sosial hingga menjadi populer.

Penampakan Es Kepal Viral Tebet tak ada bedanya dengan es kepal lain. Hanya topping-nya yang berbeda. Penjaja es kepal ini membubuhkan potongan kacang tanah, Oreo, dan bubuk susu Milo yang menghasilkan rasa nagih. Harga es kepal dengan ukuran spesial dihargai Rp 20 ribu. Sedangkan es dengan ukuran kecil dibanderol Rp 15 ribu.

Es kepal viral kini membuka cabang di berbagai tempat di Jakarta. Seperti di Ampera, Jakarta Selatan, dan Rawamangun, Jakarta Timur.

3. Fat Milo

Fat Milo berlokasi di Jalan Gurame, Rawamangun, Jakarta Timur. Warung ini juga telah membuka cabang di beberapa tempat, seperti Depok, Cibubur, dan Bogor.

Berbeda dengan dua es kepal sebelumnya, es kepal Milo Fat Milo berinovasi menambahkan ragam varian topping. Ada lima topping yang bisa dipilih di warung ini, di antaranya Oreo, crunch, meses, roti, dan kacang. Es kepal Fat Milo sehara Rp 12 ribu per gelas.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply