sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

artis

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » » » Ukir Sejarah, Korea Utara - Korea Selatan Akhiri Perang Korea Hari Ini 27 April 2018


Berita Panas Mancanegara - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjalan kaki menyeberangi garis demiliterisasi warisan dari akhir Perang Korea jam 9.30 pagi waktu setempat.

Wajah Kim Jong Un penuh senyum saat disambut kedatangannya oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di DMZ, Panmunjom. Keduanya lalu berjalan berdampingan dengan mendapat kawalan ketat aparat keamanan menuju Rumah Perdamaian.

Sebelum memasuki ruang untuk Konferensi Tingkat Tinggi kedua Korea, Kim Jong Un menandatangani buku tamu dan menorehkan tulisan: "Sejarah Baru dimulai sekarang. Di era perdamaian, di titik awal sejarah."

Moon Jae-in dan Kim Jong Un akan melakukan pertemuan hingga pukul 9.30 sore.

KTT ini merupakan yang ketiga kali sejak Perang Korea berakhir dengan terbelahnya Korea menjadi dua negara tahun 1953.

KTT pertama digelar pada tahun 2000 yang dihadiri pemimpin Korea Utara Kim Jong I dan Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung. KTT kedua berlangsung pada tahun 2007 dihadiri Kim Jong Il dan Presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun.

Namun di KTT ketiga ini sejarah ditorehkan karena pemimpin Korea Utara bersedia untuk pertama kali melintasi garis demarkasi, DMZ, di Panmunjom untuk datang ke Korea Selatan.

Kedua pemimpin sore ini dijadwalkan akan menanam pohon pinus di DMZ. Pohon pinus sebagai simbol perdamaian dan kemakmuran dan DMZ sebagai simbol pemisahan dan konfrontasi.

Pada malam hari, Kim Jong Un dan Moon Jae-in akan mengadakan makan malam bersama dengan menu yang penuh makna bagi kedua pemimpin dan kedua negara bersaudara itu.

Kenapa pertemuan Kim Jong Un dan Moon Jae-in hari Jumat, 27 April 2018 disebut paling bersejarah sejak Perang Korea? Berikut alasannya, seperti dikutip dari Korea Times, 26 April 2018.

1. Dalam dua KTT, tahun 2000 dan 2007, diselenggarakan di Pyongyang, ibukota Korea Utara. KTT tahun 2000 mempertemukan presiden Korea Selatan, Kim Dae-jung bertemu Kim Jong-il, ayah Kim Jong Un. Dan pada tahun 2007, antara presiden Korea Selatan Roh Moo-hyun dengan Kim Jong Il.

2. Untuk pertama kali pemimpin Korea Utara menginjakkan kaki di wilayah Korea Selatan. Sebelumnya, adik perempuan Kim Jong Un, Kim Yo Jong menginjakkan kaki di Korea Selatan untuk menghadiri Olimpiade Musim Dingin di PyeongChang dan bertemu sejumlah pejabat top Korea Selatan.

3. Untuk pertama kali kedua pemimpin Korea ini sepakat memilih bertemu di Rumah Perdamaian di Pamunjom, di sebelah selatan garis demarkasi atau DMZ.

4. Kedua pemimpin Korea juga sepakat memfokuskan pembicaraan mereka mengenai denuklirisasi Korea Utara. Seoul, seperti dikutip dari Korea Times, tidak membahas agenda kerja sama ekonomi.

Saat KTT tahun 2000, Kim Dae-jung dan Kim Jong Il menghasilkan Deklarasi Bersama pada 15 Juni 2000 yang isinya terutama mengenai garis besar arah menuju unifikasi dan isu kemanusiaan. Hasil dari deklarasi ini adalah berdirinya Komples Industri Gaeseong, zona industri dua Korea.

Pada KTT tahun 2007, Roh Moo-hyun dan Kim Jong Il menyepakati deklarasi 4 Oktober 2007 yang memperluas kerja sama ekonomi dan budaya. Adapun isu senjata nuklir tidak dibahas. Saat itu pembahasan denuklirisasi yang melibatkan 6 negara menekan Korea Utara untuk melakukan denuklirisasi.

5. Korea Selatan akan membuat kantor penghubung secara permanen di perbatasan untuk menjalankan hasil dari KTT yang diadakan Kim Jong Un dan Moon Jae-in, seraya memastikan terawatnya komunikasi antar kedua pejabat pemerintah.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply