sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

mancanegara

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » » Donald Trump Sebut Rusia "Musuh" Jelang Pertemuan dengan Putin

Vladimir Putin Duduk Bersama Donald Trump

Berita Panas Mancanegara - Presiden Donald Trump menyebut Rusia sebagai "musuh" menjelang pertemuannya dengan Presiden Vladimir Putin di Helsinki, Finlandia pada hari ini, Senin (16/7).

"Kalian mungkin tak memikirkan Uni Eropa, tapi mereka itu musuh. Rusia musuh dalam hal tertentu. China musuh secara ekonomi. Namun, tak berarti mereka jahat. Tidak berarti apa pun. Ini hanya berarti mereka kompetitif," ujar Trump dalam wawancara dengan CBS, sebagaimana dikutip AFP.

Wawancara pada Sabtu itu ditayangkan di hari Minggu, ketika Trump bersiap bertolak dari Skotlandia menuju Helsinki setelah rangkaian lawatannya ke Eropa.

Trump mengumumkan perjalannnya tersebut melalui sebuah kicauan di akun Twitter pribadinya, di mana ia juga mengeluhkan kritikan masyarakat.


"Sayangnya, tak peduli seberapa bagus kinerja saya di pertemuan itu, jika saya ditawari Moskow sebagai retribusi atas semua dosa yang dilakukan Rusia selama ini, saya tetap akan diktirik, bahwa seharusnya saya juga mendapatkan Saint Petersburg!" tulis Trump.

Pertemuan ini semakin menjadi perhatian dunia setelah pekan lalu juri federal AS mendakwa 12 pegawai intelijen Rusia atas tuduhan meretas jaringan komputer Partai Demokrat pada 2016.

Dakwaan ini dianggap sebagai tuduhan paling rinci dari AS atas campur tangan Rusia dalam pemilu yang membantu Trump terpilih sebagai presiden.

Trump mengatakan akan "dengan tegas bertanya" kepada Putin terkait tuduhan campur tangan Rusia di pemilu AS dalam pertemuan hari ini.

Meski menyebut Rusia musuh pada akhir pekan, Trump tetap mengucapkan selamat kepada Putin atas keberhasilan Moskow menggelar Piala Dunia 2018 yang rampung sehari menjelang pertemuan kedua kepala negara.

"Sebagai tambahan, selamat kepada Presiden Putin dan Rusia telah menggelar Turnamen Piala Dunia yang hebat, salah satu yang terbaik!" kata Trump melalui akun Twitter pribadinya. 

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply