sponsor

berita terkini

video panas

berita panas

cerita panas

mancanegara

Pilpres 2019

olahraga

teknologi

» » » » » » » » » » » Becak Online Cepat dan Irit Jakarta, Sebaja : 'Beol Cepirit'

Sebaja Berfoto bersama Gubernur Anies Baswedan ; Becak Online Cepirit

Berita Panas Terkini - Becak Online Cepirit, Keputusan Pemprov DKI yang membolehkan becak untuk mengaspal di Ibu Kota membuat Serikat Becak Jakarta (Sebaja) mengeluarkan terobosan dengan mengoperasikan becak listrik berbasis online.

Becak listrik cepat dan irit, begitu namana. Tapi akronim dari moda transportasi itu pun bisa dibilang sangat menggelitik, takni "Beol Cepirit" yang kini sedang dalam tahap uji coba.

Serikat Becak Jakarta (Sebaja) Rasdullah mengatakan becak di Jakarta tak lagi dikayuh tapi gunakan tenaga surya yaitu becak listrik. Rasdullah pun menuturkan, becak listrik akan dijadikan becak online dengan sebutan Becak Online Cepat dan Irit (Be'ol Cepirit).

"Nanti sebutan untuk becak online yakni Be'ol Cepirit atau Becak Online Cepat dan Irit," ucap Rasdullah saat dikonfirmasi Warta Kota, pada Kamis (15/11/2018).

Rasdullah mengatakan, ciri khas becak listrik bertenaga surya ini jika ingin berbelok, bagian roda belakang yang berbelok.

"Nah kalau becak sekarang ini kan kalau belok roda bagian depannya yang belok. Tapi jikalau becak listrik justru di roda bagian belakangnya yang belok," jelasnya.

Ia mengatakan, becak listrik telah tersedia 60 unit dan tiga diantaranya tengah diujicoba.

Dia juga mengungkapkan, nantinya becak listrik ini akan ditempatkan di tempat-tempat wisata di Jakarta.


Pendamping Serikat Becak Jakarta (Sebaja) dari Urban Poor Consortium (UPC) Jakarta, Gugum Muhammad, meminta maaf terkait statement Rasdullah tersebut.

Menurut Gugum, becak listrik itu baru ada satu unit.

"Waduuuh.. Baru satu unit. Enggak ada 60 unit. Saya mewakili Rasdullah dan Sebaja, meminta maaf sebesar-besarnya. Yang benar baru satu unit becak listrik dan sedang diujicoba," terang Gugum ketika dikonfirmasi Warta Kota, Jumat (16/11/2018).

Gugum kembali menegaskan, pihak Sebaja tak menamai becak listrik tersebut dengan julukan Beol Cepirit.

Menurutnya, becak listrik untuk di DKI Jakarta belum diberikan nama.

"Itu (Beol Cepirit) hanya candaan Rasdullah ya, dan saya mewakil dia dan Sebaja minta maaf. Jikalau awak media mau konfirmasi mengenai becak dan Sebaja, silahkan ke saya saja," kata Gugum.

Dikatakan Gugum kembali, jika satu unit becak listrik kini tengah diujicobakan di Laboratorium Teknik Universitas Indonesia (UI).

Artikel ini telah tayang di Wartakotalive dengan judul Beol Cepirit Baru Ada 1 di Jakarta, http://wartakota.tribunnews.com/2018/11/16/beol-cepirit-baru-ada-1-di-jakarta.
Penulis: Panji Baskhara Ramadhan
Editor: Max Agung Pribadi

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply